RSS

Makna kalimat laa ilaha illallah معنى لا إله إلا الله

02 Dec

makna laa ilaha illallahPembahasan Pertama معنى : لا إله إلا الله (Makna Kalimat La Ilaha Ilallah)

Saudaraku Ikhwan dan Akhwat yang ana cintai karena Allah ta’ala Insya Allah.

Ketauhilah bahwa لا إله إلا الله adalah kalimat gerbang seseorang untuk masuk Islam, لا إله إلا الله adalah kalimat Tauhid, لا إله إلا الله adalah kalimat taqwa.

Saudaraku لا إله إلا الله adalah hal pertama yang dituntut untuk diucapkan dan diikrarkan oleh setiap orang yang hendak masuk ke agama Islam, dan hal ini merupakan aqidah / keyakinan para Imam Salafus Shalih Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله تعالى mengatakan :

أن السلف والأئمة متفقون على أن أول ما يؤمر به العباد الشهادتان

“Sesungguhnya para salaf dan para imam Ahlus Sunnah telah sepakat bahwasanya hal pertama yang diperintahkan kepada seorang hamba adalah mengucapkan dua kalimat syahadat (التعارض 8/11)”.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah صلى الله عليه و السلام mengatakan :

أمرت أن أقاتل الناس حتى يقولوا لا إله إلا الله

“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka mengucapkan لا إله إلا الله” (HR. Bukhari 1400/25 Muslim 20/22)

Saudaraku yang baik hati, lalu apa makna yang benar dari kalimat لا إله إلا الله? Apakah yang kita ketahui sesuai yang dituntut oleh syariat ? apakah yang kita pahami sesuai dengan penjelasan para ulama ahlus sunnah?

Saudaraku yang baik hati, para ulama menjelaskan bahwa makna kalimat لا إله إلا الله adalah :

لا معبود بحق إلا الله، و غير الله إن عُبد فبباطل

“Tidak ada yang berhak diibadahi secuali Allah, dan apapun yang diibadahi selain Allah maka itu batil (ibadah dan yang dibadahinya)”.

Syeikh Shalih Fauzan حفظه الله تعالى mengatakan : “makna ini merupakan makna yang benar menurut ulama salaf dan ulama muhaqiqin” (Aqidatu Tauhid 40). Makna dan tafsir ini merupakan definisi yang جامع مانع (sempurna/benar/tepat) yang mencakup di dalamnya menetapkan ibadah seorang hamba hanya untuk Allah ta’ala.
Saudaraku yang ana cintai karena Allah ta’ala, adapun kalimat بحق (yang hak) mengandung makna-makana sebagai berikut :

Pertama karena Allah ta’ala merupakan dzat yang haq

Kedua ibadah yang hanya ditujukan untuk Allah adalah haq (ikhlash dan sesuai contoh Rasulullah صلى الله عليه و السلام).

Ketiga hanya Allah ta’ala satu-satu yang sesembahan yang berhak diibadahi karena Allah ta’ala memiliki keagungan dan kesempurnaan dalam Rububiyah, Uluhiyah, Asma dan sifat-Nya.

Keempat barangsiapa yang memalingkan ibadah kepada selain Allah ta’ala maka ibadah dan yang diibadahinya adalah tidak haq dan sebatil-batilnya ibadah dan yang diibadahi.

Saudaraku ikhwan dan akhwat yang ana cintai karena Allah ta’ala Insya Allah.

Adapun kalimat و غير الله إن عُبد فبباطل (dan apapun yang diibadahi selain Allah maka itu batil (ibadah dan yang dibadahinya)” ini mengandung makna bahwa terjadi penyerahan ibadah kepada selain Allah ta’ala (kita bisa lihat sendiri di kenyataan) akan tetapi ibadah tersebut adalah bathil karena tuhan selain Allah ta’ala sama sekali tidak berhak untuk mendapatkan peribadahan, dan ibadah kepada selain Allah ta’ala justru membawa kerugian bagi pelakunya di dunia dan akherat.

Saudaraku perhatikanlah firman Allah ta’ala (dalil dari penjelasan di atas) berikut :

ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ هُوَ الْبَاطِلُ وَأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ

“(Kuasa Allah) yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah, Dialah (Tuhan) Yang Hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain Allah, itulah yang batil, dan sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar” (QS. Al-Hajj 62).

Semoga bermanfaat dan semoga ana, keluarga ana, dan antum semua bisa mendapatkan husnul khotimah dan bersama kembali di syurga kelak.

 
Leave a comment

Posted by on 2 December 2013 in Aqidah

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: