RSS

MAKNA لا إله إلا الله BAGIAN IV : Syarat – Syarat لا إله إلا الله

06 Dec

makna laa ilaha illallahSaudaraku ikhwan dan akhwat yang ana cintai, kadang orang sering bertanya…..masa sih kalimat لا إله إلا الله ada syaratnya? Baru denger aku, aneh nih ajaran (dan ungkapan-ungkapan yang lainnya). Namun sebetulnya hal ini mudah untuk dijawab, klo kita balik bertanya rukun Islam kan ada 5 dari mulai shalat sampai ke haji…….nah shalat ada syaratnya, puasa ada syaratnya, zakat ada syaratnya, haji ada syaratnya, lalu ketika orang mengatakan aneh jika syahadat ada syaratnya justru yang aneh adalah orang ini.

Saudaraku maka wajib bagi kita untuk mengetahui syarat-syarat kalimat لا إله إلا الله dan mengamalkan konseksuensi dari kalimat ini, insya Allah pada bagian ini kita akan bahas secara ringkas, selamat membaca.

Syarat pertama adalah العلم بمعناها (mengilmui makna kalimat لا إله إلا الله), apa maknanya? Seperti yang telah ana tuliskan pada bagian pertama bahwa makna kalimat لا إله إلا الله adalah tidak ada yang hak untuk disembah/diibadahi kecuali Allah ta’ala dan segala bentuk ibadah yang diberikan kepada selain Allah ta’ala adalah ibadah yang bathil.

Syeikhul Islam ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan : “Ucapan لا إله إلا الله yang diucapkan seseorang tidak akan diterima di sisi Allah ta’ala kecuali dengan meyakini dan mengilmui apa-apa yang terkandung dalam kalimat لا إله إلا الله yaitu an-nafiy dan itsbat (men-tiadakan dan menetapkan), mengikrarkan kalimat لا إله إلا الله, dan mengamalkan semua konsekuensi dari kalimat ini”.

Syarat kedua adalah اليقين المنافي للشك (Yakin dan hialnganya keraguan), maksudnya adalah meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa Allah ta’ala adalah satu-satunya yang wajib diibadahi dan sama sekali tidak diserikatkan dengan yang lain dalam ibadah, dalilnya adalah sabda Nabi صلى الله عليه وسلم :

فَمَنْ لَقِيتَ مِنْ وَرَاءِ هَذَا الحَائِطِ يَشْهَدُ أنْ لا إله إِلاَّ الله مُسْتَيْقِنَاً بِهَا قَلْبُهُ ، فَبَشِّرْهُ بِالجَنَّةِ

“Maka siapa saja yang kamu temui dibalik dinding ini yang bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah dan hatinya meyakini ucapannya tersebut, maka berilah ia kabar gembira dengan syurga” (HR. Muslim 31).

Syarat yang ketiga adalah الإخلاص المنافي للشرك (ikhlash dan bersih dari syirik). Saudaraku ikhlash adalah memurnikan ibadah hanya untuk Allah ta’ala semata dan tidak menserikatkannya dengan yang lainnya. Dalil dari syarat ini adalah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari Rahimahullah no 99 yang diterima dari Abu Hurairah رضي الله عنه bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه و السلام bersabda :

أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ

Manusia yang paling bahagia dengan syafaatku pada hari qiyamat adalah orang yang mengucapkan لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ yang hati atau jiwanya ikhlash dalam mengucapkannya

Syarat keempat adalah الصدق المنافي للكذب والنفاق (Jujur/benar/sungguh-sungguh yang lawannya adalah dusta dan nifak). Syarat shidiq ini bermakna “meyakininya dengan hati, mengikrarkannya dengan lisan, dan mengamalkannya dengan perbuatan/hati, lisan dan perbuatannya sama”. Dalil dari syarat ini adalah hadits anas bin malik رضي الله عنه bahwasanya Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda:

ما مِنْ أَحَدٍ يَشْهَدُ أَنْ لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ صِدْقًا مِنْ قَلْبِهِ إِلاَّ حَرَّمَهُ اللهُ عَلى النَّارِ

“Tidak ada seorangpun yang bersaksi أَنْ لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ yang jujur dari hatinya maka Allah mengharamkan baginya neraka” (HR. Bukhari 128 Muslim 32).

Syarat yang kelima adalah المحبة لها (mencintai kalimat لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ) maksudnya adalah mencintai kalimat ini, mencintai orang yang mengucapkan kalimat ini, dan amat membenci segala sesuatu yang dapat membatalkan kalimat ini, hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم :

ثَلاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلاوَةَ الإيمانِ : أنْ يَكُونَ اللهُ وَرَسُولُهُ أحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سَوَاهُمَا

Ada tiga perkara yang barangsiapa memiliki ketiganya maka dengannya ia akan merasakan manisnya iman: pertama hendaklah Allah dan Rasul-Nya yang paling ia cintai dibanding selain keduanya (HR. Bukhari 16 Muslim 43)

Syarat yang keenam adalah الانقياد والاستسلام (Tuduk dan patuh) maksudnya adalah tunduk dan patuh terhadap segala konsekuensi dari kalimat ini baik secara dhahir maupun secara batin, dalilnya adalah firman Allah ta’ala :

وَمَنْ يُسْلِمْ وَجْهَهُ إِلَى اللَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى

“Dan barang siapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh” (QS. Luqman 22).

Syarat ketujuh adalah القبول (menerima), maksudnya adalah menerima semua konsekuensi dari kalimat لا إله إلا الله dengan hatinya, lisannya, dan amal perbuatannya serta menjauhi semua sikap kesombongan dan penolakan, dalilnya adalah firman Allah ta’ala :

إِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ

“Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka: “Laa ilaaha illallah” (Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah) mereka menyombongkan diri.” (QS : Ash Shaaffaat 35).

Syarat kedelapan adalah الكفر باالطواغيت (kafir terhadap thagut), artinya adalah tidak beribadah kepadanya, hal ini sebagaimana firman Allah ta’ala :

فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى

Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus (QS. Al-Baqarah 256).

Insya Allah penjelasan rincinya akan datang Insya Allah ta’ala, semoga bermanfaat.

 
Leave a comment

Posted by on 6 December 2013 in Aqidah, Fiqih

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: