RSS

MAKNA IHSAN

22 Jan

IhsanSegala puji bagi Allah Ta’ala, yang senantiasa memberikan kepada orang-orang yang bertaqwa kemudahan dan jalan keluar di setiap kesulitan. Shalawat dan salam kepada Nabi akhir zaman, Muhammad Shalallahualaihiwassalam.

Saudaraku kaum Muslimin
Setelah pada postingan ana yang terakhir, kita telah membahas tentang dalil akan keyakinan ahlussunnah bahwasanya iman seseorang bisa naik dan bisa turun (meskipun secara ringkas). Pada kesempatan ini, Insya Allah ta’ala kita akan membahas tingkatan agama yang ke tiga yaitu Ihsan, selamat mengikuti dan semoga bermanfaat.

Saudaraku kaum Muslimin

Secara bahasa Ihsan merupakan lawan dari الإساءة “perbuatan buruk” sehingga Ihsan bermakna perbuatan baik. Kalimat Ihsan bermakna juga الإتقان “mengerjakan sesuatu dengan sempurna/mahir/profesional”.

Adapun secara istilah kalimat Ihsan telah dijelaskan oleh Rasulullah Shalallahualaihiwassalam ketika Malaikat Jibril Alaihissalam bertaya kepada beliau Shalallahualaihiwassalam tentang Ihsan, maka Rasulullah Shalallahualaihiwassalam menjawab :

الإحسان أن تعبد الله كأنك تراه ، فإن لم تكن تراه فإنه يراك

“Ihsan adalah engkau menyembah (beribadah) kepada Allah ta’ala seakan-akan engkau melihatnya, maka jika kamu tidak dapat melihat Allah ta’ala maka sesungguhnya Allah melihat engkau”

Para ulama Rahimahumullah membagi Ihsan kedalam dua katagori/bentuk, yaitu :

Pertama, إحسان في عبادة الله “Ihsan dalam beribadah kepada Allah ta’ala” yang mencakup di dalamnya sikap ikhlash dalam beribadah dan mutaba’ah “mencontoh Rasulullah Shalallahulaihiwassalam” sebab tidaklah sebuah ibadah dikatakan sebagai ibadah yang benar dan sempurna kecuali dengan kedua hal ini, dan inilah makna Ihsan yang disebutkan dalam hadits ini.

Kalimat كأنك تراه “seakan-akan engkau melihatnya” merupakan alamat / tanda akan kesempurnaan roja’ (berharap), ketundukan, rasa takut, dan mutaba’ah seseorang.

Sedangkan kalimat فإن لم تكن تراه فإنه يراك “maka jika kamu tidak dapat melihat Allah ta’ala maka sesungguhnya Allah melihat engkau” di dalamnya terkandung sifat ikhlash, ketundukan, murakabah (merasa diawasi Allah ta’ala) baik dalam keadaan sedang sendiri maupun dalam keadaan bersama orang lain (berkumpul).

Saudaraku kaum Muslimin

Jika ibadah seseorang tercemari (tidak berkualitas) karena sesuatu yang bukan syirik dan kekufuran, maka hal ini menunjukan kurang dan lemahnya sifat Ihsan dan Islam seseorang, namun jika yang mecemari ibadah seseorang adalah amalan kesyirikan dan kekafiran maka hal ini merupakan hal yang membatalkan keihsanan dan keislaman seseorang.

Saudaraku kaum Muslimin
Jenis Ihsan yang kedua adalah إحسان في معاملة الخلق “Ihsan dalam bermuamalah dengan makhluk”, dan ini mencakup empat perkara (untuk lebih luasnya silahkan lihat Syarah Tsalatsatul Ushul karya Syeikh Muhammad Sholeh Al-Utsaimin dan sudah ada terjemahannya).

Pertama adalah كف الأذئ “Tidak menyakiti orang lain”

Kedua adalah بذل المعروف “Mencurahkan/berbagi segala yang kita miliki untuk kebaikan orang lain”.

Ketiga, طلاقة الوجه “Bermuka manis (ramah, senyum dll deh susah banget nyari padanan dalam bahasa Indonesia)”.

Keempat, صبر على الأذئ “Shabar atas segala gangguan orang lain”.

Saudaraku kaum Muslimin
Sebagai penutup dari pembahasan saat ini, apakah janji Allah ta’ala bagi orang yang bisa mencapai derajat Ihsan? Jawabannya bisa dilihat dari firman Allah ta’ala :

إِنَّ اللهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُم مُّحْسِنُونَ

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan” (An-Nahl 128)

إِنَّ رَحْمَتَ اللهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ

“Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik” (Al-A’raf 56)

Semoga bermanfaat

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: