RSS

Makna Tauhid Rububiyah

10 Apr

AllahSaudaraku kaum muslimin yang ana cintai karena Allah ta’ala Insya Allah, Semoga Allah ta’ala menetapkan kita di atas al-haq
Pada kali ini Insya Allah ta’ala kita akan bahas makna tauhid Rububiyah sebagai lanjutan dari tulisan sebelumnya yang baru membahas pembagian tauhid.

Dinamakan tauhid Rububiyah merupakan nisbat kepada Ar-Rab Subhanahuwata’ala, jenis tauhid ini tidaklah diingkari manusia kecuali oleh manusia yang paling jelek yang pernah ada di muka bumi ini seperti Firaun, Namrud dan diikuti oleh orang-orang yang sepaham dengan mereka kaum atheis pada zaman ini.

Saudaraku kaum Muslimin
Adapun kaum Musyrikin dahulu mereka menetapkan (meyakini) tauhid ini secara global namun menyimpang dalam beberapa perkara, seperti meminta hujan melalui bintang-bintang (astrologi), menisbatkan kemadharatan dan kesenangan kepada selain Allah ta’ala seperti kepada jin dan lainnya.

Pada saat ini diantara kelompok yang menyimpang dalam masalah tauhid ini diantaranya adalah keyakinan kelompok quburiyun (penyembah kubur) dan kelompok sufi yang sesat, dan sungguh wahai saudaraku Allah ta’ala telah menyebutkan dan membantah kaum Musyrikin di dalam Al-Qur’an bahwa pengakuan mereka dalam tauhid ini haruslah melazimkan (mengantarkan) seseorang untuk meng esakan Allah ta’ala dalam beribadah, sebagaimana firman Allah ta’ala :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah 21).

Saudaraku kaum Muslimin
Lalu apa makna tauhid Rububiyah yang benar?
Ketahuilah wahai saudaraku bahwasanya makna tauhid Rububiyah adalah mengesakan Allah ta’ala dalam perbuatan-Nya, yaitu mengesakan Allah ta’ala dalam penciptaan, pengaturan (mengurus), dimana Allah ta’ala menciptakan seluruh alam semesta yang sebelumnya tidak ada menjadi ada tanpa pembantu dan penolong-Nya.
Allah ta’ala berfirman tentang hal ini dengan firmannya dalam enam tempat dalam Al-Qur’an, dengan firman-Nya :

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam” (QS. Al-Fatihah 2, Al-An’am 45, Yunus 10, Ash-Shaafat 182, Az-Zumar 75, Ghafir 65)

Saudaraku Kaum Muslimin
Ketahuilah bahwa barangsiapa yang menyimpang dalam tauhid ini sedikit saja, maka tidaklah diterima keislamannya dan bukan termasuk muwahidin (orang-orang yang bertauhid).

Sebagai penutup semoga kita ditetapkan oleh Allah ta’ala sebagai orang yang bertauhid, semoga ana, orang tua dan saudara ana, dan kaum Muslimin semua bisa berkumpul di syurganya kelak. Amiin
Bersambung insya Allah dan semoga bermanfaat.

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: