RSS

DUA SYARAT DITERIMANYA SEBUAH AMAL

02 Jan

الإخلاصSaudaraku kaum muslimin yang ana cintai karena Allah ta’ala Insya Allah, Semoga Allah ta’ala menetapkan kita di atas Al-Qur’an dan As-Sunnah, menunjukan kepada kita jalan yang benar, . Pada kali ini Insya Allah ta’ala kita akan membahas dua syarat diterimanya amal.

Saudaraku kaum Muslimin :
Sungguh Allah ta’ala tidak akan menerima semua amalan (amal apapun) dari setiap orang (siapapun dia) kecuali terpenuhinya dua syarat pokok, yaitu :

Pertama, hendaklah amalan tersebut atas dasar Ikhlash karena Allah ta’ala dan tidaklah ia melakukan amalan tersebut kecuali untuk mengharap wajah Allah ta’ala dan pahala dari-Nya. Allah ta’ala berfirman :

إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ

“Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Qur’an) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik)” (Az-Zumar 2-3).

قُلِ اللَّهَ أَعْبُدُ مُخْلِصًا لَهُ دِينِي

“Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama” (Az-Zumar 11)

Sebagaimana bahwasanya makna dari kalimat أشهد أن لا إله إلا الله adalah mengesakan Allah ta’ala dalam beribadah dan inilah makna ikhlash, mengesakan Allah ta’ala dalam beribadah, baik ibadah hati maupun ibadah badan, maka barangsiapa yang luput (dari ikhlas) dalam kedua jenis ibadah ini maka ia telah terjerumus ke dalam syirik besar atau syirik kecil.

Di antara contoh syirik kecil adalah riya dan sum’ah. Adapun syirik besar ialah ketika seseorang menyekutukan Allah ta’ala dengan selain-Nya, seperti menyembelih untuk selain Allah ta’ala, berdo’a kepada selain Allah ta’ala dalam perkara yang hanya mampu dilakukan Allah ta’ala dan sebagainya seperti halnya yang dilakukan kaum musyrikin dan kuburiyin (orang-orang yang mengagungkan kuburan).

Begitu juga orang yang mengagungkan selain Allah, mencintai selain Allah, sebagaimana ia mengagungkan dan mencintai Allah atau bahkan lebih mengagungkan dan mencintai selain-Nya maka ia seorang yang musyrik dan bukan seoarang yang mukhlish/muwwahid.

Kedua, hendaklah amalan tersebut sesuai dengan petunjuk Rasulullah صلى الله عليه و السلام hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Aisyah رضي الله عنها dimana Rasulullah صلى الله عليه و السلام berkata :

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد

“Barangsiapa mengada-ngada (berbuat yang baru) dalam perkara kami (agama) yang tidak ada asalnya maka hal itu tertolak” (HR. Bukhari 3/167)

Dalam riwayat Imam Muslim (3/1344) dikatakan

من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد

“Barangsiapa yang melakukan sebuah amalan (dalam agama) yang tidak ada perintah dari kami, maka amalan tersebut tertolak”.

Saudaraku….inilah makna dari ikrar dari persaksian kita محمد رسول الله yang di dalamnya melazimkan tidak ada seorangpun yang wajib diikuti kecuali beliau صلى الله عليه و السلام, maka oleh karena itu hendaklah setiap amalan kita sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah yang shahih.

Ikhlash merupakan mizan atau takaran amalan batin dan ittiba’ merupakan mizan atau takaran amalan lahir, maka apabila rusak salah satunya (tidak ikhlash maupun tidak sesuai sunnah) atau bahkan rusak kedua-duanya maka rusak dan batallah amalan tersebut dan jadilah amalan tersebut tidak bermanfaat bagi pelakunya bahkan menjadi sebab dosa dan siksa dan inilah keadaan ahli bid’ah dan kaum musyrik.

Dalam kalimat فهو رد “maka tertolak” artinya tertolak, tidak diterima, tidak disyariatkan dan tidak boleh bertaqarub atau beribadah kepada Allah ta’ala dengan amalan tersebut dan hadits ini membatalkan semua bid’ah dan segala hal yang baru dalam agama.

Sebagai penutup Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah صلى الله عليه و السلام, keluarga, sahabat, dan umatnya dan semoga ana, orang tua ana dan semua kaum muslimin bisa masuk syurga firdaus kelak dan diselamatkan dari fitnah dunia dan neraka amiin!…..wallahua’lam.
Sekian semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: