RSS

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 267

06 Mar

الزكاةSaudaraku kaum muslimin yang ana cintai karena Allah ta’ala Insya Allah, Semoga Allah ta’ala menetapkan kita di atas Al-Qur’an dan As-Sunnah, menunjukan kepada kita jalan yang benar, . Pada kali ini Insya Allah ta’ala kita akan membahas Tafsir surat Al-Baqarah ayat 267.

Saudaraku Allah ta’ala berfirman :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ (267)

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (Al-Baqarah 267).

Ketahuilah wahai saudaraku panggilan Allah ta’la yang maha Rahim dalam ayat ini, dimana dalam ayat ini mengandung berbagai pengajaran dari Allah ta’ala yang semunya untuk kebahagiaan manusia yang beriman dan mensucikan jiwa-jiwa mereka. Di antara pengajaran dalam ayat ini adalah :

Pertama wajibnya mengeluarkan sedekah (zakat) dari harta yang baik-baik/halal.

Kedua haramnya mengeluarkan sedekah (zakat) dari harta yang haram

Ketiga, penjelasan berkaitan dengan wajibnya mengeluarkan zakat dari apa-apa yang diusahan seorang mukmin dari binatang ternak berupa unta, sapi, dan kambing jika telah mencapai nishab dan haul. Dan juga dari apa-apa yang diusahan seorang mukmin dari dinar, dirham, atau apa saja yang menggantikan dari dinar dan dirham berupa mata uang yang berlaku di masyarakat saat ini jika telah mencapai nishab dan haul.

Keempat, Penjelasan berkaitan dengan wajibnya zakat dari apa-apa yang keluar dari bumi (pertanian) berupa biji-bijian seperti gandum, jagung, zaitun, kismis, kurma, ketika semuanya mencapai nishab (karena biji-bijian ini bisa disimpan dan bertahan dalam waktu yang lama). Adapun biji-bijian yang tidak bisa disimpan seperti merica, bawang merah, bawang putih, semangka, mentimun, delima, at-tiin, apel, jeruk, maka tidak ada zakat padanya. Akan tetapi mustahab untuk mengeluarkan sedekah dari setiap yang keluar dari bumi (tanaman) meskipun tidak diwajibkan zakatnya karena tidak terpenuhinya syarat-syarat zakat di dalamnya, hal ini sebagai bentuk kehati-hatian dan merupakan tabungan (pahala) di akherat.

Nishab zakat :

– Nishab emas adalah 20 mitsqal dan berat satu mitsqal pada zaman ini adalah 4.25 gram, maka nishab emas adalah 20 x 4.25 = 85 gram

– Nishab perak adalah 200 dirham (satu dirham adalah 0.7 mitsqal maka satu dirham syar’i adalah 0.7 x 4.25 = 2.975 gram), maka nishab zakat perak adalah 200 x 2.975 = 595 gram.

– Nishab binatang ternak :
1. Unta :
– 1 s/d 4 Ekor : tidak wajib zakat
– 5 s/d 9 ekor zakatnya 1 kambing atau domba
– 10 s/d 14 ekor zakatnya 2 kambing atau domba
– 15 s/d 19 ekor zakatnya 3 kambing atau domba
– 20 s/d 24 ekor zakatnya 4 kambing atau domba
– 25 s/d 35 ekor zakatnya 1 ekor bintu makhaad (onta yang telah berusia satu tahun) jika tidak ada maka 1 ibnu labuun (unta jantan yang berumur dua tahun dan masuk tahun ketiga)
– 36 s/d 45 ekor zakatnya 1 bintu labuun (unta betina yang berumur dua tahun dan masuk tahun ketiga)
– 46 s/d 60 Ekor zakatnya 1 Hiqqah (unta betina yang berumur tiga tahun dan masuk tahun keempat).
– 61 s/d 75 zakatnya 1 Jadza’ah (unta betina yang berumur empat tahun dan masuk tahun kelima)
– 76 s/d 90 zakatnya 2 Bintu Labuun
– 91 s/d 120 zakatnya 2 hiqqah
– Lebih dari 120 zakatnya : Setiap 40 ekor zakatnya 1 bintu labuun dan setiap 50 ekor zakatnya 1 hiqqah.

2. Sapi :
– 1 s/d 29 ekor tidak wajib zakat Insya Allah
– 30 s/d 39 ekor zakatnya 1 ekor Tabii’ (Anak sapi jantan yang berumur 1 tahun, menginjak 2 tahun) atau Tabii’ah (Anak sapi betina yang berumur 1 tahun, menginjak 2 tahun).
– 40 s/d 59 ekor zakatnya 1 ekor Musinnah (Anak sapi betina yang berumur 2 tahun, menginjak 3 tahun).
– 60 s/d 69 ekor zakatnya 2 ekor tabii’ atau 2 ekor Tabii’ah
– 70 ekor zakatnya 1 ekor Tabii’ dan 1 ekor Musinnah
– Diatas 70 ekor zakatnya dalam setiap 30 ekor zakatnya 1 Tabii’i, dan setiap 40 ekor zakatnya 1 Musinnah.

3. Nishab zakat kambing atau domba
– 1 s/d 39 ekor tidak wajib zakat
– 40 s/d 120 zakatnya 1 ekor
– 121 s/d 200 zakatnya 2 ekor
– 201 s/d 300 zakatnya 3 ekor
– Kemudian setiap 100 ekor zakatnya 1 ekor. Misalnya, jika memiliki 400 ekor maka zakatnya 4 ekor, 500 zakatnya 5 dan seterusnya.

Saudaraku yang ana cintai, lalu Allah ta’ala berfirman dalam ayat ini

وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ

“Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya”

Maknanya adalah haram bagi orang yang beriman mengeluarkan zakat atau sedekah dari harta-harta yang terburuk dari yang ia miliki, bahkan Allah ta’ala mengatakan وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ “padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya” seandainya kamu yang diberi (harta yang seperti itu) kamu akan menolaknya dan mengembalikannya kepada yang memberikannya, kecuali dengan tujuan agar orang yang memberi tidak marah dan memadharatkan kamu maka kamu akan menerimanya “إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya”.

Saudaraku yang ana cintai karena Allah Ta’ala

Allah ta’ala menutup ayat ini dengan firman-Nya وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ “Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” artinya janganlah terbersit dalam hati kita atau terlintas dalam pikiran kita bahwa Allah ta’ala butuh terhadap harta orang yang bersedekah atau bahwasanya Allah ta’ala mewajibkan zakat agar orang yang memberi zakat mendapat sanjungan atau pujian dari orang yang diberi zakat.

Demi Allah wahai saudaraku tidak sama sekali, sebab Allah ta’ala maha Kaya dan maha Terpuji, maha Kaya sebab Allahlah satu-satunya Dzat yang memberikan anugrah dan berbagai macam kenikmatan kepada makhluknya. Allah ta’ala juga maha Terpuji dengan sifatnya yang tinggi dan sempurna, Allah ta’ala maha terpuji di seluruh langit dan bumi, di dunia dan akherat dan Allah ta’ala maha Perkaya dan maha Terpuji.

وسلّام على المرسلين والحمد لله رب العالمين

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: