RSS

4 Macam “Cinta”

18 Oct

بسم اللخ الرحمن الرحيم%d9%85%d8%ad%d8%a8%d8%a9
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Saudaraku…..
Sudah merupakan kesepakatan ulama bahwa iman terdiri dari ucapan lisan, perbuatan anggota tubuh, dan amalan hati. Dan cinta tempatnya ada di hati, sebab ia merupakan amalan hati.

Saudaraku…..
Berikut ana sampaikan empat macam cinta, semoga bermanfaat

Pertama, Cinta Ibadah (محبة عبادة)
Cinta ibadah adalah “mencintai Allah ta’ala dan mencintai siapa saja yang dicintai Allah ta’ala”, hal ini sebagaimana firman Allah ta’ala :

وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ

“Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah” (Al-Baqarah 165)

Perasaan cinta jenis ini masuk kedalam katagori tauhid uluhiyah atau tauhid ibadah, hal ini dikarenakan rasa cinta jenis ini merupakan salah satu bentuk ibadah dan tidak ada dzat yang berhak diibadahi kecuali Allah ta’ala, sehingga rasa cinta ini hukumnya wajib.
Rasa cinta jenis ini akan membuahkan sikap taat kepada Allah ta’ala, taat kepada Rasul-Nya shalallahualaihiwassalam, sikap menjauhi maksiat kepada-Nya, dan tidak ada dzat yang paling dicintai kecuali Allah ta’ala, adapun dzat selain-Nya dicintai karena Allah ta’ala seperti mencintai seorang mukmin, mencintai masjid, mencintai bulan ramadhan dll.

Kedua, cinta yang syirik (محبة شركية)
Cinta yang syirik adalah mencintai selain Allah ta’ala sama seperti mencintai-Nya atau bahkan lebih, hal ini sebagaimana f irman Allah ta’ala :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ

“Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah” (Al-Baqarah 165)

Rasa cinta ini merupakan lawan dari jenis cinta yang pertama (cinta ibadah), barangsiapa yang memalingkan cinta ibadah kepada selain-Nya maka ia telah terjatuh ke dalam cinta yang syirik.

Sehingga orang yang memalingkan cinta ibadah kepada selain-Nya sungguh ia telah terjerumus ke dalam kesyirikan, baik memalingkannya kepada jin, manusia, kelompok, dunia, perkara bid’ah dll dan ini merupakan syirik besar.

Ketiga, cinta maksiat (محبة معصية)
Rasa cinta ini seperti mencintai sesuatu yang diharamkan Allah ta’ala, mencintai perbuatan bid’ah, mencintai pelaku maksiat, mencintai ahli bid’ah, mencintai pengikut hawa nafsu dan lain sebagainya.

Cinta jenis ini muncul karena lemahnya iman, sebab tidak akan bersatu di hati seorang mukmin yang sempurna imannya rasa cinta kepada Allah ta’ala dan rasa cinta terhadap sesuatu yang dimurkai Allah ta’ala.

Keempat Cinta tabiat (naluri) محبة طبيعية
Cinta jenis ini misalnya mencintai anak keturunan, mencintai pasangan hidup, mencintai keluarga besar, mencintai diri sendiri, mencintai harta benda dan lain sebagainya dari segala sesuatu yang sifatnya mubah.

Namun jika rasa cinta ini menyebabkan dirinya terfokus pada hal-hal yang ia cintai sehingga mengakibatkan lalai dari kewajiban-kewajiban agama, lalai dari ketaatan kepada Allah ta’ala maka rasa cinta ini bisa jatuh ke dalam cinta yang maiksiat bahkan bisa terjatuh ke dalam cinta yang syirkiyah.

Perlu digaris bawahi dan diperhatikan bahwa cinta jenis keempat ini akan bernilai ibadah dan pahala jika dibarengi dengan niat dan tujuan yang mulia. Misal, seorang ayah yang mencintai anaknya lalu mendidiknya dengan baik dengan harapan agar anaknya bisa berjihad di jalan Allah ta’ala, seseorang yang menyukai atau mencintai makanan tertentu, ia akan mendapat pahala ketika memakannya ia berniat supaya makanan ini menjadikan tubuhnya kuat untuk beribadah kepada Allah ta’ala dst.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua
Tasikmalaya, 16 Muharam 1438 H

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: